Sabtu, 05 Februari 2011

presiden obama


Presiden Amerika serikat Obama rencananya akan berkunjung ke indonesia pada tanggal 9 dan 10 November 2010. Sebelumnya kunjungan Obama ke indonesia sempat batal dua kali. Namun untuk kali ini Rencana tersebut akan berjalan sesuai rencana.
Polda Metro akan menutup sejumlah ruas jalan raya di Jakarta yang nantinya akan digunakan sebagai rute Obama beserta rombongan selama berada di Jakarta. Rute perjalanan seperti dari bandara Halim Perdanakusumah, Dari Halim menuju ke Istana lewat tol dan keluar di pintu tol Semanggi lalu lewat Thamrin terus ke Istana negara.
Setelah dari Istana, rombongan Presiden Obama akan menuju hotel Shangri la yang kemungkinan akan dijadikan sebagai tempat penginapan Obama. Kemudian setelah itu malamnya rombongan akan kembali menuju istana dengan rute perjalanan melewati Jalan Sudirman-Thamrin untuk acara jamuan makan malam.
Keesokkan harinya sekira pukul 08.00 WIB rombongan Obama dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Istiqlal selama kurang lebih 30 menit di sana. Setelah itu Obama langsung akan menuju ke kampus Universitas Indonesia (UI) dan akan melewati rute Jalan Sudirman-Thamrin. dan kemudian menuju masjid istiqlal di jakarta.
. Salah satu tempat yang dikunjungi Obama adalah Masjid Istiqlal, Jakarta, demikian ungkap pejabat kantor kepresidenan AS di Gedung Putih, Kamis 29 Oktober 2010.
Ben Rhodes, pejabat Dewan Keamanan Nasional, seperti dikutip di laman Gedung Putih, menjelaskan bahwa Obama dan istrinya, Michelle, datang ke Jakarta setelah tiba dari lawatan di India. Pada hari pertama lawatan, 9 November, dia dijadwalkan langsung bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan setelah itu mengadakan jumpa pers. Kedua pimpin akan meresmikan Perjanjian Kemitraan Komprehensif di berbagai bidang.
Pada hari berikut, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Obama akan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Selanjutnya, dia akan menyambangi Masjid Istiqlal. Selain itu dia berencana akan pidato.
Selain Indonesia, Obama mengunjungi India, Korea Selatan dan Jepang. Sebelumnya, Obama sudah dua kali menunda kunjungan ke Indonesia karena masalah dalam negeri.

Setelah dua kali membatalkan kedatangannya ke Indonesia yaitu pada bulan juni 2010 dan pada bulan april 2010, akhirnya besok tanggal 9 November 2010 Presiden Amerika Serikat Barrack Obama akan tiba di bandara Halim Perdana Kusuma setelah kunjungannya ke India.
Bencana letusan Gunung Merapi yang memaksa banyak maskapai asing enggan melakukan penerbangan ke Indonesia tidak menyurutkan Obama melawat Indonesia dengan Air Force One-nya.
Presiden Obama di perkirakan akan berada di Indonesia selama 2 hari yaitu tanggal 09 November 2010 & 10 November 2010. Setelah mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Obama akan segera menuju ke Istana Negara untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut Ben Rhodes, salah seorang pejabat kantor kepresidenan di Gedung Putih, dalam pembicaraan bilateral ini Presiden Barack Obama akan menekankan bahwa Indonesia merupakan mitra utama dalam upaya AS untuk menjangkau dunia muslim dan berhubungan dengan perekonomian Asia Tenggara yang dinamis dan berkembang cepat dan bagaimana cara membangun kemitraan ini dengan Indonesia.
Pertemuan kedua presiden ini akan dilanjutkan dengan konferensi pers bersama, dan pada malam hari Obama akan menghadiri jamuan makan malam dengan beberapa tamu undangan. Keesokan harinya tanggal 10 Nopember 2010, Obama akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan di Kalibata untuk memberikan penghormatan kepada para pejuang dan pahlawan Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.
Dari Kalibata, Obama akan menuju Universitas Indonesia menggunakan helicopter untuk memberikan kuliah umum di Universitas terbesar di Indonesia ini. Dalam pidato ini Obama akan membahas tentang hubungan yang dapat dibangun antara AS dan Indonesia, demokrasi dan upaya AS untuk menyentuh komunitas Muslim di seluruh dunia serta pluralisme dan toleransi yang ada di Indonesia saat ini.

Secara ekonomi AS juga melakukan penjajahan dengan mengeksploitas kekayaan alam dunia ketiga termasuk negeri Islam. Di Indonesia, atas nama Investasi asing dan perdagangan bebas, perusahaan asing termasuk AS mengekploitasi barang tambang negeri kita di Papua, Aceh, Riau, Cepu, blok Natuna, dan berbagai kawasan lainnya. Bukankah ini penjajahan ekonomi.

Karena itu kita mempertayakan pihak yang berupaya membela kadatangan Obama dengan menganggap dia tamu. Benar kita harus memuliakan tamu kalau tamu itu adalah tamu yang baik. Namun, kalau yang datang kepada kita adalah pembantai umat Islam dan pengekpolitasi kekayaan alam dunia Islam termasuk Indonesia akankah kita menyambutnya dengan baik. Relakah kita bersalaman dengan tangan pembunuh yang masih berlumuran darah kaum Muslim. 
Lokasi di Jakarta yang akan didatangi Presiden Obama - Setelah sempat tertunda dua kali, akhirnya Barack Husein Obama berkunjung juga ke Indonesia. Kunjungan di Indonesia ini setelah melakukan kunjungan 4 hari di India.

Walaupun hanya akan berada di Indonesia kurang dari 24 jam, namun pengamanan di tempat atau lokasi yang akan dikunjungi Presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat ini sangat ketat. Pengamanan juga melibatkan persenjataan berat seperti pelontar mortir yang disiagakan di salah satu lapangan sekitar tempat helikopter Obama mendarat di Kampus UI Depok.

Setelah tiba di Jakarta melalui bandara Halim Perdana Kusuma, Obama langsung menuju Istana Negara bertemu Presiden SBY kemudian menuju Hotel Sangrilla tempat Obama menginap. Keesokan harinya tanggal 10 November 2010 Obama akan memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia. Kemudian mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata dalam rangka hari Pahlawan. Setelah itu ia akan berdialog dengan tokoh-tokoh agama Islam di Masjid Istiqlal. Kemudian meninggalkan Indonesia menuju Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar